[Tekan Tombol Ctrl + D Di Keyboard Anda Untuk Simpan/ Bookmark Alamat Website Ini Di Internet Browser Anda]
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
duniarumah duniarumah duniarumah

Trik Hemat Biaya Bikin Kamar Mandi

Memiliki kamar mandi yang nyaman tentu dambaan semua orang. Keinginan tersebut seringkali terhenti karena kendala biaya. Bagaimana menyiasatinya?

Kamar mandi yang nyaman seringkali diidentikkan dengan biaya selangit. Sebenarnya tidak juga. Anda cukup menyiasati penggunaan material, maka biaya untuk "menciptakan" kamar mandi nyaman dapat ditekan.Anda bisa memilih material-material yang lebih murah, namun tampilan dan kenyamanannya tetap terbaik. Anda juga perlu memperhatikan ketahanannya. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, bisa disimak di bawah ini.

  • Dinding area shower. Anda bisa menggunakan plester pasir-semen untuk dinding area shower. Hal ini lebih menghemat biaya, dibandingkan jika Anda menggunakan keramik atau batu alam.
  • Lantai dan dinding kamar mandi. Setelah satu tahun penggunaan, biasanya grout pada lantai dan dinding keramik mulai berubah warna. Kepadatannya pun berkurang. Anda tak perlu buru-buru mengganti keramik. Gunakan grout warna lain untuk menghadirkan warna baru pada lantai dan dinding keramik.
  • Furnitur. Pilih furnitur dengan finishing matt. Finishing seperti itu lebih tahan lama, sehingga Anda tidak perlu memolesnya kembali. Jenis glossy mungkin dapat tampil lebih mewah, namun mudah tergores dan memerlukan perawatan berkala. Akhirnya akan menambah biaya.
  • Countertops. Penggunaan keramik untuk alas meja dan wastafel akan lebih ekonomis. Karena permukaan keramik lebih mudah dibersihkan, selain itu juga dapat bertahan lebih lama. Gunakan keramik mozaik. Ukuran yang kecil memudahkan untuk menyesuaikannya dengan lubang wastafel. Selain itu juga menghemat biaya potong keramik.
  • Pencahayaan. Tanpa harus menambahkan titik lampu, Anda bisa menambahkan track lamp. Tempatkan track lamp pada posisi pusat. Anda bisa mengarahkanya ke area mana pun yang membutuhkan.

Penulis: Anissa
Foto: Adrian Mulja

0 komentar:

ads duniarumah

Klub Bisnis Internet Berorientasi Action